Rabu, 02 Mei 2012

Cara menghilangkan background foto dengan Corel Draw

Memang pada dasarnya menghilangkan background pada foto sangat mudah dilakukan di potoshop. Tapi siapa sangka ternyata dengan coreldraw kita juga dapat melakukannya. Inilah jadinya jika kita tidak tahu apa saja tool dan teknik tersembunyi dalam CorelDRAW, kita tak tahu cara melakukannya. Banyak hal bisa dilakukan dengan CorelDRAW yang tidak disangka karena tidak paham akan fungsi dan tool. Kali kita akan belajar menghilangkan background foto dengan CorelDRAW menggunakan teknik biasa yang tidak kita sangka sebelumnya.
Menghilangkan background pada foto mempunyai banyak keuntungan dalam desain. Background atau latar yang seringkali mengganggu secara visual dan membuat desain kita menjadi tidak padu atau seimbang. Melalui cara menghilangkan background pada foto dengan CorelDRAW ini kita dapat mempercantik karya desain kita sehingga terlihat profesional dan menarik.

Syarat yang harus dipenuhi agar hasil background foto yang dihilangkan benar-benar sesuai dan maksimal adalah tidak ada sudut atau objek yang sangat kecil dalam ukuran piksel. Misalnya objek rambut, boneka berbulu, daun-daun yang teramat kecil secara visual pada foto dan sebagainya.
Ingat, CorelDRAW adalah pengolah vektor yang bekerja secara metematis berdasarkan garis kurva. Sementara foto adalah menggunakan bitmap yang bekerja pada titik piksel. Sehingga objek kecil sampai ukuran piksel minimal akan sangat susah untuk dilakukan. Memang bisa dipaksakan akan tetapi tetap saja tidak maksimal.
Oke dilanjut pada pembahasan menghilangkan background photo dengan CorelDRAW, yang dilakukan adalah menyeleksi atau memilah area foto yang ada background nya. Pada dasarnya ada banyak teknik untuk menghasilkan foto yang tidak ada background nya pada CorelDRAW. Bisa memotong, menimpa dengan warna yang sama, pengubahan shape menggunakan shape tool dan sebagainya. Kali ini kita akan lihat cara yang pali tepat untuk menghilangkan background pada foto dengan CorelDRAW.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar